Search:

e-BinaAnak -- Edisi 749/Maret/I/2017
 
HUT e-BinaAnak 2017: Traktat "Tuhan Yesus Menyelamatkanmu"
e-BinaAnak -- Edisi 749/Maret/I/2017
 

e-BinaAnak

Salam kasih,

Puji Tuhan! Pada 15 Maret 2017 ini, e-BinaAnak genap berusia 17 tahun. Sejak tahun 2000, kami hadir dalam dunia maya untuk menjadi partner para pelayan dan pembina anak dalam melayani generasi masa depan gereja. Seluruh bahan e-BinaAnak selama 17 tahun ini dapat Anda akses di situs Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen (PEPAK).

Ultah BA 17th

Sebagai ucapan syukur, kami mengirimkan edisi khusus mengenai salah satu pelayanan e-BinaAnak yang dapat digunakan para pelayan anak Indonesia untuk memperkenalkan Yesus kepada anak-anak. Ya, edisi khusus ini mengulas tentang traktat Tuhan Yesus Menyelamatkanmu (TYM). Apa itu TYM? Mengapa kita harus memanfaatkannya dalam pelayanan anak? Bagaimana mendapatkannya? Silakan simak edisi khusus ini. Kiranya menjadi berkat bagi seluruh pelayan anak Indonesia, dan makin banyak domba kecil Allah yang dibawa kepada-Nya. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan!

Davida

Staf Redaksi e-BinaAnak,
Davida

 

MUTIARA GURU

Bawa Anak-Anak Kepada Yesus

 

ARTIKEL Pelayanan Anak Melalui Traktat "Tuhan Yesus Menyelamatkanmu" (TYM)

Pelayanan pembinaan bagi para pelayan anak di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) dimulai tahun 2000. Pelayanan ini diawali dengan terbitnya publikasi e-BinaAnak pada 15 Maret 2000 dan terbentuknya milis diskusi e-BinaGuru pada tahun yang sama. Setelah itu, pada tahun 2002, YLSA meluncurkan situs Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen (PEPAK). Menyusul setelahnya, beberapa produk pelayanan lainnya, seperti pembinaan pelayan anak melalui Facebook dan Twitter e-BinaAnak, DVD Library SABDA Anak, kursus PESTA bagi para guru sekolah minggu, dan sebagainya. Di tengah kesibukan pelayanan untuk memperlengkapi para pelayan anak, ada satu kerinduan YLSA untuk bisa langsung menjangkau anak-anak. Kami ingin membuat sebuah produk yang tidak hanya bisa digunakan para pelayan anak, tetapi juga bisa digunakan oleh anak-anak secara langsung, khususnya untuk membawa mereka mengenal Kristus.

Beberapa diskusi diadakan untuk mengumpulkan ide. Akhirnya, kami memutuskan membuat sebuah traktat untuk penginjilan anak. Beberapa ide topik dan alur cerita dibuat oleh tim e-BinaAnak dan rekan-rekan lainnya, sampai selesailah satu naskah traktat yang kami beri judul Tuhan Yesus Menyelamatkanmu (TYM). Anak-anak harus mengetahui bahwa mereka adalah manusia berdosa. Dosa membuat mereka melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan hati Tuhan. Mereka sendiri tidak dapat melepaskan diri dari keberdosaan mereka. Hanya Tuhan Yesus yang dapat melakukan itu bagi diri mereka. Kami rindu, dalam bahasa yang sederhana dan gambar-gambar yang menarik, anak-anak dibawa untuk mengenal doktrin keselamatan. Oleh karena itu, tentu saja dibutuhkan keahlian khusus, selain membuat konsep, yaitu membuat visualisasi dari konsep tertulis. Puji Tuhan! Salah satu Sahabat SABDA, yaitu Levina Leo (Vivin), menolong kami untuk membuat gambar-gambar dalam traktat ini. Setelah seluruh proses selesai, kami membuat versi cetak traktat ini. Tidak berapa lama, kami pun membuat versi PDF dan videonya.

1. Versi Cetak

Gambar: Anak membaca TYM
Gambar: Kirim TYM

Tuhan Yesus Menyelamatkanmu dicetak pertama kali dalam bentuk traktat pada tahun 2013, dan sudah disebarkan sebanyak lebih dari 15.000 traktat ke hampir seluruh pelosok Nusantara. Bukan hanya SABDA yang menyebarkan, tetapi juga para sahabat, teman, dan pengguna bahan-bahan SABDA yang terberkati dengan traktat TYM. Kesaksian-kesaksian mengenai traktat cetak TYM ini bisa Anda lihat dalam kolom Kesaksian GSM edisi ini.

2. Versi PDF

Beberapa saat setelah versi cetak TYM disebarkan, YLSA memikirkan versi digitalnya. Kami pun memutuskan untuk membuat versi PDF TYM agar bisa menjadi e-book. Versi PDF ini bisa dibuka melalui HP sehingga kapan pun dan di mana pun, siapa saja yang suka membaca dengan perangkat mobile bisa mengaksesnya. Sasaran kami adalah anak-anak yang sangat akrab dengan gawai bisa mendapatkan bacaan yang sehat di HP mereka melalui PDF TYM ini.

3. Versi Video

Video Tuhan Yesus Menyelamatkanmu adalah sebuah video animasi yang dikerjakan oleh Yayasan Lembaga SABDA untuk memfasilitasi para pengajar, pelayan anak, dan guru-guru agama Kristen dalam mengajarkan doktrin keselamatan kepada anak-anak. Video ini merupakan pengembangan dari traktat TYM versi PDF. Tentu saja, anak-anak, yang adalah digital native, akan lebih tertarik melihat visualisasi yang bergerak.

Apakah Anda melayani anak-anak dan ingin mendapatkan media untuk menyampaikan firman Tuhan yang sesuai dengan perkembangan zaman ini? Silakan akses video TYM melalui YouTube, dan pergunakanlah untuk memperkenalkan Kristus sebagai Juru Selamat kepada anak-anak yang Anda layani.

4. TYM dalam DVD Library SABDA Anak

Pada tahun 2014, Yayasan Lembaga SABDA memperbarui DVD Library SABDA Anak. Traktat TYM versi PDF dan video pun menjadi bagian dari DVD ini. Banyak pelayan di beberapa area di Indonesia belum dapat mengakses secara online versi PDF maupun video TYM. Oleh karena itu, agar traktat ini bisa tersebar lebih luas tanpa harus online, kami memasukkannya ke dalam DVD Library SABDA Anak. Sudah banyak yang merasakan kemudahannya, dan bisa langsung digunakan di kelas-kelas sekolah minggu. Istimewanya, bahan-bahan di dalam DVD Library SABDA Anak, termasuk TYM, bisa dimasukkan pula ke dalam telepon genggam. Hal ini makin memudahkan pelayan anak dan anak-anak untuk bisa membagikan kebenaran tentang keselamatan kekal dalam Kristus.

Apakah Anda belum pernah melihat atau mendapatkan traktat TYM dari salah satu atau semua versi di atas? Silakan kontak kami untuk mendapatkan informasi tentang traktat TYM dan produk-produk pelayanan lainnya dari Yayasan Lembaga SABDA.

Pada kesempatan ini, kami juga mohon dukungan doa dari rekan-rekan pelayan anak mengenai kerinduan kami memberikan pelatihan kepada guru-guru Kristen, hamba Tuhan, dan orangtua agar dapat menggunakan traktat TYM ini secara efektif dalam penginjilan anak. Kami terbuka dengan ide dan saran dari rekan-rekan semua. Terima kasih banyak. Tuhan Yesus memberkati.

 

KESAKSIAN GSM Kesaksian Penggunaan Traktat TYM dalam Pelayanan

Berikut ini adalah kesaksian-kesaksian dari mitra dan teman e-BinaAnak yang telah menggunakan traktat Tuhan Yesus Menyelamatkanmu dalam pelayanan anak yang mereka lakukan. Kiranya menjadi berkat.

1. Blog: Traktat TYM di Tangan Anak-Anak Papua

Saya, Ev. Nicodemus Kaborang, S.Mis., melayani anak-anak, remaja, dan pemuda di Papua. Awalnya, saya mengirim pesan ke YLSA melalui Facebook untuk meminta bahan traktat untuk misi. Ternyata, YLSA memiliki dua jenis traktat, Hatiku Rumah Kristus dan Tuhan Yesus Menyelamatkanmu. Setelah percakapan demi percakapan terjadi, akhirnya saya memilih dan diperbolehkan untuk mendapatkan traktat Tuhan Yesus Menyelamatkanmu sejumlah yang kami butuhkan. Puji Tuhan.

Saya dan rekan-rekan sepelayanan membagikan traktat ini kepada anak-anak sekolah, remaja, dan pemuda supaya mereka mengerti kebenaran firman Tuhan. Inilah kerinduan saya. Selain itu, saya juga dapat memakainya sebagai referensi dalam berkhotbah dan pelayanan misi. Saya melayani sebagai Majelis Perwakilan Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu di Papua, yang merupakan buah pelayanan Bapak Petrus Oktavianus. Kantor pusat pelayanan ini di Batu, Malang, dan di Papua merupakan kantor perwakilan dari kantor pusat.

Saya memiliki kerinduan dan doa untuk anak-anak Indonesia. Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, terkhusus gereja dan lingkungan keluarga. Kami sangat merindukan anak-anak bisa memengaruhi keluarga dan gereja. Oh ya, tanggal 31 Januari 2016, saya sudah menerima kiriman traktat TYM dari YLSA. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus dan berdoa bagi pelayanan YLSA supaya senantiasa diberkati Tuhan. Beberapa hal yang saya lakukan dengan traktat TYM yang saya terima dari YLSA:

  1. Membagikan traktat kepada anak-anak, dan mereka kelihatan sangat senang sekali menerimanya.
  2. Memberikan anjuran supaya traktatnya dipakai dengan baik.
  3. Memberikan penjelasan supaya traktat dibaca ketika sampai di rumah saja supaya bisa fokus.

[Selengkapnya: blog.sabda.org/2016/02/11/traktat-tym-di-tangan-anak-anak-papua]

2. Vlog: Traktat TYM untuk Pelayanan Anak Rekan-Rekan di JPA

Jaringan Pelayanan Anak (JPA) dan Yayasan Setya Bakti adalah mitra e-BinaAnak yang juga aktif menggunakan traktat Tuhan Yesus Menyelamatkanmu dalam pelayanan. Dalam vlog berikut ini, kita dapat melihat Yeni Krismawati (Pengurus JPA) dan Lita Rihidara (Pelayan Yayasan Setya Bakti) menceritakan pengalaman mereka menggunakan TYM dalam pelayanannya.

Vlog Yeni Krismawati:

Ringkasan vlog:
"Saya secara pribadi dan juga mitra Jaringan Pelayanan Anak (JPA) telah menggunakan traktat ini untuk memperkenalkan anak kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya .... Keunggulannya, disampaikan dalam kalimat yang pendek, tetapi sangat jelas, ada ayat-ayat Alkitab yang disertakan, dinyatakan dalam bentuk animasi yang lucu, menarik, dan warnanya digemari anak. Traktat ini sangat ringan kalau dibawa ke luar pulau Jawa atau pedalaman. Sangat memudahkan dalam pendistribusiannya. Sangat bersyukur atas kehadiran traktat ini. Kiranya melalui sarana yang sudah ada dan menarik ini, makin banyak anak yang kenal Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Terima kasih, SABDA."

Vlog Lita Rihidara:

Ringkasan vlog:
"Dengan traktat 'Tuhan Yesus Menyelamatkanmu', saya bisa sampaikan firman Tuhan kepada anak, khususnya usia balita. Dengan gambar yang cukup menarik, adik-adik usia taman kanak-kanak bisa diperkenalkan, siapa Penciptanya. Kita bisa bercerita tentang dosa, bagaimana mereka kenal Tuhan Yesus sebagai Tuhan. Traktat ini sangat membantu. Kepada SABDA, saya ucapkan terima kasih karena bahan sesederhana ini saya bisa berikan dengan gratis. Harapannya, alat peraga ini bisa dipakai penggiat anak dalam memperkenalkan kasih Kristus."

3. Surat Elektronik (E-Mail): Traktat TYM dalam Pelayanan Anak di Lampung

"Shalom,

Saya seorang konselor TK -- SD Kristen di Banjar Agung, Lampung. Di sekolah, saya ada beberapa murid dari keluarga yang belum percaya kepada Tuhan Yesus. Pada hari minggu kemarin, saya beribadah di sebuah gereja di Lampung dan menemukan traktat (buku kecil singkat) yang baik dan bagus untuk saya gunakan dalam pengabaran Injil bagi anak-anak, yaitu Tuhan Yesus Menyelamatkanmu. Sebagai seorang konselor, saya selalu memanggil satu anak dari setiap kelas (kelas 3 -- kelas 6) untuk mengadakan konseling pribadi. Pada setiap sesi, saya menanyakan, "Siapa Tuhan Yesus?" dan melakukan pengabaran Injil pribadi. Sudah dua hari ini, saya menggunakan buku tersebut, dan saya pikir buku ini menjadi media yang efektif bagi PI kepada anak-anak. Syukur kepada Allah atas terbitnya traktat ini." (HD, Lampung)

 
Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr').
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan publikasi e-BinaAnak.
binaanak@sabda.org
e-BinaAnak
@sabdabinaanak
Redaksi: Rostika, Davida, Amidya, dan Ariel
Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
© 2017 -- Yayasan Lembaga SABDA
 

Untuk berlangganan kirim e-mail ke: subscribe-i-kan-BinaAnakhub.xc.org
Untuk berhenti kirim e-mail ke: unsubscribe-i-kan-BinaAnakhub.xc.org
Untuk arsip: http://www.sabda.org/publikasi/e-binaanak/

Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen: http://www.sabda.org/pepak/

 

Disclaimer | © e-BinaAnak 2011 | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati | Laporan Masalah/Saran