|
|
___e-BinaAnak (Milis Publikasi Elektronik untuk Para Pembina Anak)____
DAFTAR ISI EDISI 489/Juni/2010
- SALAM DARI REDAKSI: Perlombaan dalam Sekolah Minggu
- ARTIKEL: Metode Perlombaan untuk Mengembangkan Sekolah Minggu
- TIPS: Semuanya adalah Pemenang
- MUTIARA GURU
- BAHAN MENGAJAR: Berbagai Permainan yang Dapat Dilombakan
- WARNET PENA: Permainan dalam Sekolah Minggu:
Ministry-To-Children.com
______________________________________________________________________
Korespondensi dan kontribusi bahan dapat dikirimkan ke redaksi:
< binaanak(at)sabda.org> atau <owner-i-kan-binaanak(at)hub.xc.org >
Bergabunglah dalam Fan Page e-BinaAnak di Facebook!
Kunjungi sekarang juga: http://fb.sabda.org/binaanak
______________________________________________________________________
SALAM DARI REDAKSI
PERLOMBAAN DALAM SEKOLAH MINGGU
Tidak terasa kita sudah berada pada minggu terakhir bulan Juni ini.
Pada minggu-minggu sebelumnya kita sudah membahas mengenai panggung
boneka, musik, drama, dan permainan. Edisi e-BinaAnak kali ini
membahas mengenai mengajar sekolah minggu dengan perlombaan.
Perlombaan membuat anak layan Anda terlibat untuk aktif dan tanggap
dengan situasi di sekitarnya. Melalui perlombaan, anak-anak juga
dapat belajar untuk saling bekerja sama, bergembira, dan memupuk
sportivitas.
Sekolah minggu dapat menjadi tempat yang dirindukan anak-anak
apabila dunia mereka diwakili di sekolah minggu. Dunia yang penuh
keceriaan dan sukacita. Untuk itu, pelayan anak harus bisa
menciptakan suasana semacam ini dengan tetap fokus pada tujuan utama
sekolah minggu, yaitu mengajarkan firman Tuhan. Untuk itu,
e-BinaAnak menyajikan artikel, tip-tip, bahan mengajar seputar
perlombaan, dan situs untuk menambah referensi pelayanan Anda
tentang perlombaan. Simaklah dengan baik dan dapatkan manfaat serta
berkat yang sungguh indah dari Tuhan untuk sekolah minggu Anda.
Selamat melayani, Tuhan memberkati!
Staf Redaksi e-BinaAnak
Santi Titik Lestari
http://pepak.sabda.org
http://fb.sabda.org/binaanak
____________________________________________________________________
"Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara,
apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga."
(2 Timotius 2:5)
< http://alkitab.sabda.org/?2Timotius+2:5 >
____________________________________________________________________
ARTIKEL
METODE PERLOMBAAN UNTUK MENGEMBANGKAN SEKOLAH MINGGU
Apakah Saudara ingin sekolah minggu Saudara berkembang? Ada
bermacam-macam metode mengajar kreatif yang dapat mendorong
perkembangan sekolah minggu. Salah satu teknik yang paling efektif
adalah perlombaan.
Seorang guru sekolah minggu bercerita tentang perlombaan yang
diadakan di dalam kelasnya. Setiap anak layan yang hadir diberikan
sebuah gambar lokomotif yang dibuat dari karton manila. Secarik pita
yang panjang terulur dari bagian belakang lokomotif itu. Tiap Minggu
sesudah itu ditambahkan sebuah gerbong lain bagi tiap teman yang
dibawa anak layan itu -- misalnya gerbong batu bara, gerbong minyak,
gerbong bagasi. Gerbong untuk penumpang kereta api ditambahkan pada
hari Minggu terakhir dari perlombaan itu.
Pada akhir perlombaan ini masing-masing anak layan menerima kereta
apinya dengan jumlah gerbong sebanyak jumlah teman yang telah
dibawanya. Anak layan dengan gerbong yang terbanyak menerima sebuah
hadiah tambahan.
Perlombaan ini dapat menggunakan gambar-gambar lain, misalnya: ikan,
tupai, atau anjing. Pada gambar ikan yang besar dapat ditambahkan
gambar ikan-ikan yang lebih kecil. Tiap Minggu dapat dilekatkan
gambar sebuah kelapa pada pita gambar tupai. Pada gambar anjing
ditambahkan tulang-tulang. Gambar-gambar ini tidak mahal bila dibuat
dari karton manila dan pita.
Dalam jemaat yang lain, diadakan perlombaan "meteran" (dengan
memakai tongkat pengukur kain) untuk mengukur pertumbuhan sekolah
minggunya. Juara dalam perlombaan itu menerima semeter kembang gula
yang diikatkan pada tongkat pengukur itu.
Beberapa perlombaan mendorong kaum muda untuk mengunjungi kamp
remaja dan sekaligus mempromosikan sekolah minggu dengan menawarkan
akan menanggung semua biaya ke kamp itu bagi anak layan yang membawa
teman terbanyak.
Dalam suatu perlombaan lain, pemenangnya dapat memilih hadiahnya
sendiri. Hadiah bagi juara dalam suatu perlombaan lain lagi yaitu
sekeranjang buah-buahan.
Banyak gereja mencapai hasil yang baik dengan mengadakan perlombaan
antara regu-regu. Satu regu memakai pita merah dan regu yang lain
pita biru. Regu yang kalah menjamu regu yang menang, yakni di rumah
makan di gereja atau pada suatu piknik. Cara ini mendorong tiap anak
untuk berusaha.
Beberapa gereja dapat berlomba bersama-sama untuk mencapai angka
rata-rata yang lebih tinggi dari angka yang sebelumnya. Yang menang
dalam perlombaan ini adalah gereja yang mencapai kemajuan terbesar
dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Gereja yang kalah harus
menjamu gereja yang menang. Perlombaan ini tidak hanya memperbanyak
anak sekolah minggu, tetapi menciptakan perasaan harga-menghargai
antargereja.
Hampir setiap orang dengan sedikit kreativitas dapat membuat
perlombaan yang cocok dengan tujuan pelayanannya. Suatu perlombaan
membangunkan kerinduan yang kuat untuk bekerja bagi Kristus di dalam
hati mereka yang ikut serta. Masing-masing memiliki perasaan berguna
dan pencapaian yang jauh melebihi ganjaran yang materiil.
Inginkah Anda melihat sekolah minggu Saudara berkembang? Cobalah
salah satu ide mengenai perlombaan-perlombaan itu dan lihatlah
hasil-hasil yang menakjubkan.
Diambil dan disunting dari:
Judul buku: Buku Pintar Sekolah Minggu Jilid I
Penyusun: Pembina Departemen Sekolah MInggu Gereja Sidang-Sidang
Jemaat Allah
Penerbit: Gandum Mas, Malang 1997
Halaman: 193
______________________________________________________________________
TIPS
SEMUANYA ADALAH PEMENANG
Bermain dan belajar! Anak-anak sering tidak menyadari nilai atau
pelajaran dari sebuah permainan atau perlombaan. Akan tetapi, mereka
sangat antusias berpartisipasi karena mereka menikmati sebuah
permainan. Permainan seputar Alkitab merupakan alat yang sangat
berguna untuk mengajak anak-anak menemukan, menggunakan, dan
menghafalkan kebenaran ayat-ayat Alkitab dengan cara yang
menyenangkan.
Contoh:
1. guru sekolah minggu dapat memakai permainan mencocokkan kata-kata
dalam Alkitab dengan definisinya. Permainan ini memberikan guru
kesempatan untuk meminta kepada anak-anak agar menceritakan
pengalaman-pengalaman mereka ketika melakukan atau tidak
melakukan makna dari kata-kata tersebut;
2. guru sekolah minggu dapat menerapkan permainan "20 Pertanyaan"
tentang karakter-karakter Alkitab (murid menanyakan pertanyaan
yang dijawab dengan "ya" atau "tidak" [oleh guru yang memberikan
soal]). Permainan ini dapat membantu anak-anak memikirkan beragam
tindakan atau kualitas dari setiap karakter;
3. guru sekolah minggu juga dapat menerapkan teka-teki Alkitab.
Permainan ini memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk
membahas arti dan aplikasi dari ayat-ayat tersebut.
Dengan melakukan permainan Alkitab, anak dapat:
1. menemukan informasi baru;
2. membahas kebenaran Alkitab;
3. meningkatkan keahlian untuk menggunakan Alkitab dan bahan-bahan
penelitian atau pendalaman Alkitab;
4. menerapkan kebenaran Alkitab;
5. menghafalkan ayat-ayat Alkitab;
6. meningkatkan keahlian anak untuk berinteraksi dalam suasana
kelompok (bergiliran, bersikap adil, dan jujur).
Tip-Tip Untuk Memimpin Permainan/Perlombaan
1. Jelaskanlah peraturannya dengan jelas dan mudah dimengerti.
Anda akan sangat tertolong jika Anda menuliskan peraturannya.
Pastikanlah Anda menjelaskan peraturan-peraturan tersebut langkah
demi langkah.
2. Berikanlah "babak pemanasan".
Saat kelas Anda bermain suatu permainan untuk pertama kalinya,
mainkanlah permainan tersebut beberapa kali hanya untuk
pemanasan. Anak-anak akan mempelajari peraturan-peraturan
tersebut secara maksimal ketika memainkan permainan tersebut.
3. Pilihlah permainan-permainan yang sesuai dengan tingkat kemampuan
kelas Anda.
Jika Anda menyadari bahwa ada beberapa anak di kelas Anda yang
tidak bisa membaca atau menulis seperti yang lain, janganlah
bermain permainan yang dapat dimenangkan dengan mengandalkan
kemampuan membaca atau menulis saja. Ketika bermain permainan
tanya-jawab (pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab oleh para
murid), sarankan kepada murid-murid Anda bahwa murid yang
mendapatkan giliran bisa menjawab atau meminta anggota dari
kelompoknya untuk menjawab pertanyaan tersebut.
4. Variasikanlah proses pembentukan kelompok.
Biarkanlah murid-murid Anda membentuk kelompok mereka sendiri
yang terdiri dari tiga atau empat anggota. Mainkan permainan itu
sekali saja. Kemudian, umumkan bahwa anggota dari setiap kelompok
yang memakai warna baju yang paling banyak dikenakan oleh
murid-murid Anda (contohnya merah) perlu pindah ke tim lain.
Kemudian mainkan permainan tersebut sekali lagi. Saat Anda
mengulang proses perputaran ini, variasikan cara perputarannya
agar murid-murid Anda bermain dengan anak-anak yang berbeda
setiap kalinya. (t/Uly)
Diterjemahkan dan disunting dari:
Judul asli artikel: Everyone`s a Winner in These Games
Nama buku: Sunday School Smart Pages
Penyunting: Wes dan Sheryl Haystead
Penerbit: Gospel Light, USA 1992
Halaman: 117
__________________________________________________________________
MUTIARA GURU
"Perlombaan bukan sebatas kalah dan menang,
tapi seberapa banyak pelajaran berharga yang didapat seseorang
dari perlombaan itu."
______________________________________________________________________
BAHAN MENGAJAR
BERBAGAI PERMAINAN YANG DAPAT DILOMBAKAN
MERANGKAI GERBONG
Peralatan: tidak ada.
Jumlah pemain: beberapa regu.
Waktu: 3 -- 5 menit.
Tujuan: - memupuk dan menjalin kerja sama,
- memupuk sportivitas, dan
- untuk diperlombakan.
Semua regu berbaris di satu sisi ruangan, dengan ketua regunya
berdiri sejauh 6 meter di depan yang lain dan semuanya menghadap ke
jurusan yang sama. Ketua regu ini adalah "lokomotif"nya dan yang
lain adalah "gerbong"nya. Setelah permainan dimulai, "lokomotif"
ini harus mundur sampai ke "gerbong" pertama dari regunya.
Temannya ini menggabungkan diri dengan lokomotif dengan meletakkan
tangan di pundak lokomotif, kemudian mereka berlari bersama ke ujung
ruangan. Lokomotif menyentuh dinding di depannya, kemudian sambil
tetap bertautan mereka kembali sambil mundur untuk menjemput gerbong
berikutnya. Gerakan maju mundur ini -- tiap kali mengambil satu
gerbong -- diteruskan sampai semua gerbong terangkai. Regu yang
pertama menjadi kereta api lengkap dialah yang menang.
BUKU BERANTING
Peralatan: satu buku untuk tiap regu.
Jumlah pemain: beberapa regu.
Waktu: 4 -- 5 menit.
Tujuan: - menumbuhkan sikap persaingan yang sehat,
- membangkitkan kegembiraan, dan
- dapat diperlombakan.
Semua regu berbaris di salah satu sisi ruangan. Tiap ketua regu
diberi sebuah buku. Ketua regu harus membawa buku itu di atas
kepalanya menyeberang ruangan dan kembali. Dia sama sekali tidak
boleh menyentuh buku itu dengan tangannya. Bila jatuh ia harus
kembali ke tempatnya dan mengulanginya. Anggota regu yang lain
bergiliran melakukan hal yang sama. Regu yang pertama selesai,
itulah yang menang. Sebagai variasi bukunya dapat dijepit di antara
lutut.
BALON BERANTING
Peralatan: satu balon untuk tiap regu dan beberapa buah untuk
persediaan.
Jumlah pemain: beberapa regu.
Waktu: 3 -- 5 menit.
Tujuan: - memupuk dan menjalin kerja sama,
- memupuk daya juang, dan
- dapat diperlombakan.
Semua regu berbaris di satu sisi ruangan. Tiap regu diberikan satu
balon. Begitu dimulai, ketua regu membawa balon dengan menggunakan
kepalanya ke seberang ruang dan kembali. Bila bola jatuh, ia harus
mulai lagi. Setiap anggota regu mendapat giliran, dan regu yang
pertama selesai, itu yang menang. Salah satu variasi permainan ini
ialah dengan cara menaruh balon itu di lantai dan anak-anak harus
meniupnya menyeberang ruangan dan kembali.
Diambil dan disunting seperlunya dari:
Judul buku: Permainan untuk Segala Usia
Penulis: A.M. Patty
Penerbit: PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta
Halaman: 92 -- 95
____________________________________________________________________
WARNET PENA
PERMAINAN DALAM SEKOLAH MINGGU: MINISTRY-TO-CHILDREN.COM
http://ministry-to-children.com/kids-sunday-school-games
Biasanya, anak-anak sekolah minggu menanti-nantikan acara permainan
dalam sekolah minggu. Acara permainan dapat sederhana dan pendek,
namun tetap menyenangkan. Banyak guru yang menggunakan permainan
sebagai cara agar anak-anak dapat berpartisipasi dalam kegiatan
belajar Alkitab. Apakah Anda kesulitan mencari ide untuk sesi
permainan dalam kegiatan belajar di sekolah minggu Anda?
Halaman Kids Sunday School Games dalam situs
Ministry-To-Children.com memberikan tautan sumber-sumber ide
permainan maupun tautan ke situs-situs lain yang menyediakan ide-ide
serupa. Beberapa ide permainan yang dapat Anda temukan dalam situs
ini antara lain: permainan buah roh, permainan menghafal ayat,
permainan trivia Alkitab untuk anak, dan sebagainya. (t/Davida)
Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:
Judul artikel: Sunday School Games
Nama situs: Ministry-To-Children.com
Penulis: Tidak dicantumkan
Alamat URL: http://ministry-to-children.com/kids-sunday-school-games
Tanggal akses: 30 Juni 2010
_____________________________________________________________________
Anda terdaftar dengan alamat email: tatik@in-christ.net
Alamat berlangganan: <subscribe-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org>
Alamat berhenti: <unsubscribe-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org>
Pertanyaan/saran/bahan: < owner-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org >
Arsip e-BinaAnak: http://www.sabda.org/publikasi/e-binaanak
Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen: http://pepak.sabda.org
Kunjungi Blog SABDA di: http://blog.sabda.org
Bergabunglah dalam forum diskusi pelayanan anak di In-Christ.Net di:
http://www.in-christ.net/forum/?board=8.0
Bergabunglah dalam Fan Page e-BinaAnak: http://fb.sabda.org/binaanak
______________________________________________________________________
Pimpinan Redaksi: Davida Welni Dana
Staf Redaksi: Tatik Wahyuningsih, Santi Titik Lestari
Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA
Didistribusikan melalui sistem network I-KAN
Copyright (c) 2010 e-BinaAnak / YLSA -- http://www.ylsa.org
Katalog SABDA: http://katalog.sabda.org
Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati
______________PUBLIKASI ELEKTRONIK UNTUK PEMBINAAN GURU_______________
Untuk berlangganan kirim e-mail ke: subscribe-i-kan-BinaAnakhub.xc.org
Untuk berhenti kirim e-mail ke: unsubscribe-i-kan-BinaAnakhub.xc.org
Untuk arsip: http://www.sabda.org/publikasi/e-binaanak/
Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen: http://www.sabda.org/pepak/
|
|